Sabtu, 18 Juli 2015

Minggu 19/07/2015 - Yosua dan Gibeon ( Hubungan antara Tuhan Yesus dan Greja )


Minggu 19/07/2015
TIBERIAS
KOTA WISATA
07 : 00

S'karang ku memuji MU Allah yg setia

Oleh kuasa darah MU Kau tlah tebus diriku
( kasih MU mengalir memulihkan hidup ku)

Ku bawa kotban syukur ketempat kudus MU Tuhan ( Sbab Tuhan baik )

            Pdt. Dr. Harry Saragi
        " Yosua dgn orng gibeon"
  ( Gambaran  Hubungan Tuhan Yesus dengan Greja )

Yosua 10:4-5 (TB)
4. "Datanglah kepadaku dan bantulah aku, supaya kita menggempur Gibeon, karena telah mengadakan ikatan persahabatan dengan Yosua dan orang Israel."
5.Lalu kelima raja orang Amori itu berkumpul dan bergerak maju: raja Yerusalem, raja Hebron, raja Yarmut, raja Lakhis dan raja Eglon, mereka beserta seluruh tentara mereka. Mereka berkemah mengepung Gibeon dan berperang melawannya.

1. Orang Gibeon bkn orng israel tp mengadakan persahabatan dengan orng israel dgn yosua ketika gibeon di serang olrh 5raja amori..Yosua membantu orang gibeon

Yosua : Yesua : Juru selamat

ketika kita mengadakan persahabatan dengan Yesus maka Yesus akan membantu kita dan kita akan menang akan apapun setiap masalah kita

Yosua 10:12-14 (TB) 
12.Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: "Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!"
13. Maka berhentilah matahari dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? Matahari tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh. 
14.Belum pernah ada hari seperti itu, baik dahulu maupun kemudian, bahwa TUHAN mendengarkan permohonan seorang manusia secara demikian, sebab yang berperang untuk orang Israel ialah TUHAN.

Yang berperang melawan musuh adalah Tuhan.

Pada saat matahari tdk bergerak (peperangan terjadi 2 hari ) dan Tuhan yg berperang

1 Hari : 1.000 Tahun
2 Hari Tuhan berperang ganti kita ( selaama 2.000 tahun Tuhan yh berperanf smp skrng ganti kita ) dan Tuhan memberi kemenangan atas kita
( menang atas apapun..krn Tuhan yg berperang ganti kita )

2. Kisah Yunus
     ( orang israel menolak keselamatan sehingga keselamatan ke bangsa-bangsa yg lain )

Yunus 1:1-4 (TB) 
1. Datanglah firman TUHAN kepada Yunus bin Amitai, demikian:
2. "Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, berserulah terhadap mereka, karena kejahatannya telah sampai kepada-Ku."
3.Tetapi Yunus bersiap untuk melarikan diri ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN; ia pergi ke Yafo dan mendapat di sana sebuah kapal, yang akan berangkat ke Tarsis. Ia membayar biaya perjalanannya, lalu naik kapal itu untuk berlayar bersama-sama dengan mereka ke Tarsis, jauh dari hadapan TUHAN.
4.Tetapi TUHAN menurunkan angin ribut ke laut, lalu terjadilah badai besar, sehingga kapal itu hampir-hampir terpukul hancur.

Niniwe : Kota yg jahat di hadapan Tuhan
Tetapi Yunus melarikan diri  ke tarsis krn yunus tidak mau kota kota yg jahat itu bertobat

Yunus 1:14-16 (TB)
14. Lalu berserulah mereka kepada TUHAN, katanya: "Ya TUHAN, janganlah kiranya Engkau biarkan kami binasa karena nyawa orang ini dan janganlah Engkau tanggungkan kepada kami darah orang yang tidak bersalah, sebab Engkau, TUHAN, telah berbuat seperti yang Kaukehendaki."
15.Kemudian mereka mengangkat Yunus, lalu mencampakkannya ke dalam laut, dan laut berhenti mengamuk.
16.Orang-orang itu menjadi sangat takut kepada TUHAN, lalu mempersembahkan korban sembelihan bagi TUHAN serta mengikrarkan nazar.

KETIKA YUNUS MENOLAK PANGGILAN NYA ORANG LAIN MENERIMA KESELAMATAN NYA ( ayat 14 - Di Alkitab jika di tuliskan kata Tuhan ayat besar semua..menunjuk/mengartikan TUHAN israel )

ORANG KRISTEN TERIMA KESELAMATAN KRN ADA PENOLAKAN DARI BANGSA YAHUDI

3. Yunus 3 Hari masuk ke perut ikan

Yunus 1:17 (TB)  Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya.

Pada hari ke 3 kita di bangkitkan

Pada masa Tuhan Yesus smp hari sekarang sudah 2015 Tahun (kita sudah masuk ke hari ke 3 - kita awal dari hari ke 3)
Dan kita akan di bangkitkan/di angkat bersama dengan Tuhan Yesus.

Yunus 4:1-2 (TB) 
1.Tetapi hal itu sangat mengesalkan hati Yunus, lalu marahlah ia.
2. Dan berdoalah ia kepada TUHAN, katanya: "Ya TUHAN, bukankah telah kukatakan itu, ketika aku masih di negeriku? Itulah sebabnya, maka aku dahulu melarikan diri ke Tarsis, sebab aku tahu, bahwa Engkaulah Allah yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia serta yang menyesal karena malapetaka yang hendak didatangkan-Nya. 

Sadari Tuhan berhubungan kepada orang yg non yahudi karena DIa  adalah pengasih dan penyang bagi sumua orang walaupun kita masih jatuh dalam dosa DIA hendak ingin menyelamatkan kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar