Sabtu, 16 Agustus 2014

3/08/2014 - ada apa dgn cinta - pdt.johan makmur

minggu 3agustus 2014
gbi lewi
08:00
pdt.johan makmur
( Ada apa dengan cinta)

- akhir jaman membuat hati manusia semakin dingin
- standar greja adalah mempelai
- ada greja yg Tuhan cela krn kehilangan kasih Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.

Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.
Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak.

Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka.

Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.
Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

- kita kembali ke kasih yg mula-mula. mula2x.
- pd saat kita mengalami cinta kpd Tuhan maka kita mengalami passion.
- bgmana perasaan kita pd saat kita ibadah..bgmana perasaaan kita..apakah msh terasa atau tdk.
(Tuhan aku mau mendapatkan cinta Mu lg Tuhan) - sing : I need You more..more than yesterday

Wahyu 2:4  Namun demikian Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.

(ada greja yg mementingkan aktivitas drpd sebuah hubungan)

sprt maria dan marta..maria menghargai sebuah hubungan drpd sebuah aitivitas
- hubungan..keintiman kita dengan Tuhan itu bagian kita yg terbaik

Lukas 10:41-42
Tetapi Tuhan menjawabnya: "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara,
tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

- Tuhan tau pekerjaan kita dalam pelayanan tapi Tuhan mau kedekatan kita dengan Tuhan.
* apa itu kasih
1 Korintus 13:1-2  Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna. 

- paulus memberi warning dlm hidup kita..walaupun di hidup kita punya berbagai karunia..tp kalau kita cmn mengerjakan tugas saja tanpa ikatan kasih kita dengan Tuhan maka itu semua.

1 Korintus 13:3  Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.

- paulus memberi warning jg..pdsaat kita memberi..dan bukan sekedar memberi kita korbankan tenaga..pikiran dan hati kalau kita tdk dasarkan akan hati yg mencintai kpd Tuhan.

* Definisi kasih
1 Korintus 13:4-7  Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.
Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.

Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

- pd saat kesabaran kita diuji masih kah kita definisi kasih itu ada dalam hidup kita..

* Roma 8:28 
Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

- pd saat kita mengalami situasi yg buruk pun Tuhan mengubah yg buruk itu menjd kebaikan bagi kita.
- kesaksian pdt.johan makmur
thn 1998..baru di nobatkan menjd pdt full timer di padang..ada kerusuhan ruko dan anak rohaninya terbakar didlm..pak niko tlp pdt johan ksh ayat Roma 8:28..firman itu terngiang..minggu ibadah jenasah mah ada msk ke atas mimpar..berdoa Tuhan kami ampuni orng yg berbuat ini Tuhan.
pd saat mau dipersemayamkan pdt.johan menyanyikan lagu..inilah yg kurenungkan setiap waktu (manis kau dengar)
pd hari berikutnya pdt.johan memberikan bantuan korban yg rmh nya tersapu oleh ombak..pd saat memberi pak camat memberi tau kpd pdt.johan bahwa yg ia mau bri bantuan itu 60% dr mrk yg membakar ruko nya..scr manusia pdt.johan marah tp lalu Roh kudus mengingatkan..akhirnya dia ampuni dan Tuhan bwt luar biasa tiap hari mujijat  dulu jemaatnya hanya 70 orng skrng 3000org..bkn sekedar ruko..tp gedung greja..ada sekolah..Tuhan bwt luar biasa..krn kita mengasihi

1 Korintus 13:8-13  Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.
Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna.

Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap.
Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak.

Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.

Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar