Senin, 29 Desember 2014

28/12/2014 Kemurahan Tuhan

minggu
28 Desember 2014
Gbi - Tampak Siring (MOI)
16 : 30

               Pdt. yakub wiliam
             ( Kemurahan Tuhan)

Hakim-hakim 10:15-16

15 Kata orang Israel kepada TUHAN: "Kami telah berbuat dosa. Lakukanlah kepada kami segala yang baik di mata-Mu. Hanya tolonglah kiranya kami sekarang ini!"

16 Dan mereka menjauhkan para allah asing dari tengah-tengah mereka, lalu mereka beribadah kepada TUHAN. Maka TUHAN tidak dapat lagi menahan hati-Nya melihat kesukaran mereka.

- kita boleh berhikmat..pintar tapi Tuhan yg menentukan nasib

Pengkhotbah 9:11 Lagi aku melihat di bawah matahari bahwa kemenangan perlombaan bukan untuk yang cepat, dan keunggulan perjuangan bukan untuk yang kuat, juga roti bukan untuk yang berhikmat, kekayaan bukan untuk yang cerdas, dan karunia bukan untuk yang cerdik cendekia, karena waktu dan nasib dialami mereka semua.

* kalau Tuhan sudah menunjukan kemurahan/perkenanan Tuhan maka ada perbedaan sehingga membuat orang iri orang lain sampai walaupun bukan ditengah/wilayah orang asing kita bisa menjadi berkuasa..Tuhan membuat perbedaan..( KEMURAHAN TUHAN ITU TIDAK ADIL DI MATA ORANG DUNIA).

- saul kesalahannya tidak seberapa besar dari daud..tp krn daud punya kasih karunia Tuhan maka daud punya perbedaan.

Mazmur 1:1-3

1 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.

3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

Kejadian 26:12-14, 16

12 Maka menaburlah Ishak di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat; sebab ia diberkati TUHAN.

13 Dan orang itu menjadi kaya, bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya.

14 Ia mempunyai kumpulan kambing domba dan lembu sapi serta banyak anak buah, sehingga orang Filistin itu cemburu kepadanya.

16 Lalu kata Abimelekh kepada Ishak: "Pergilah dari tengah-tengah kami sebab engkau telah menjadi jauh lebih berkuasa dari pada kami."

Maleakhi 3:16-18

16 Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

17 Mereka akan menjadi milik kesayangan-Ku sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia.
18 Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepada-Nya.

ada 3 cara pola pikir :

a. Berfikir orang barbar ( Siapa yg kuat maka ituvyg menang)

b. berfikir orang yunani ( berfikir dan berbicara tentang kemampuan berfikir mengolah dan mengatur)

c. Berfikir orang yahudi membiasakan dari sejak kecil membaca dan merenungkan firman Tuhan keneith hegen

- ada video kesaksian..seorang jendral punya 6.000 pasukan..jendral ini memerintahkam anak buahnya untuk menempelkan dan menghapalkan mazmur 91..dan pd saat perang teluk jendral ini bersaksi tidak ada satu pun dari pasukananya yg tewas di medan perang..

- pd saat kita menjauhkan dan membuang berhala kita maka hati Tuhan tidak tahan untuk menolong kita..dan menutup lubang kesalahan yg kita buat dan yg iblis tuntut..krn Tuhan itu kasih nature NYA Dia itu menghasihi bukan menghukum.

Efesus 2:8-10

8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah,

9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

- kasih karunia adalah tangan Tuhan untuk mengulurkan tangan NYA ke kita..iman adalah tangan kita untuk mengambil apa yg Tuhan kasih dlm hidup kita. ( jadi kalau kita dikasih berkat oleh Tuhan tapi kalau kita tdk mengambilnya dengan iman maka berkat itu akan selalu ada ditangan Tuhan krn kita tdk mengambilnya)

Yohanes 1:16-17

16 Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia;

17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar