Sabtu, 27 Juni 2015

Minggu 28/06/2015 - 3 Doa yg di jawab Tuhan

Minggu 28/06/2015
GBI - LEWI
CIBUBUR
MITRA 10

               Pdm. Chris Silitonga
( Wa.Div.Gembala GBI - Gatot Subroto )

           3 Doa yg penting menjelang
             kedatangan Tuhan Yesus

                   Keluaran 33:12- 26

Didalam keluaran 33 adalah kelanjutan dari tanah mesir ..sampai tiba di gunung sinai..dan musa naik ke gunung sinai..untuk..memberikan hukum Tuhan..dan pd saat musa naik gunung sinai..israel dibawah menyembah patung sembahan

pada saat Tuhan marah..dan Tuhan suruh malaikat NYA berjalan di depan israel untuk menghalau seluruh musuh

tetapi musa berdoa sehingga keputusan Tuhan diubah

3 Doa yang harus kita lakukan :

A. Beritahukan jalan MU kepda ku Tuhan
     ( Tunjukan jalam MU kepada ku Tuhan)

Keluaran 33:12-14
12 Lalu berkatalah Musa kepada TUHAN: "Memang Engkau berfirman kepadaku: Suruhlah bangsa ini berangkat, tetapi Engkau tidak memberitahukan kepadaku, siapa yang akan Kauutus bersama-sama dengan aku. Namun demikian Engkau berfirman: Aku mengenal namamu dan juga engkau mendapat kasih karunia di hadapan-Ku.
13 Maka sekarang, jika aku kiranya mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, beritahukanlah kiranya jalan-Mu kepadaku, sehingga aku mengenal Engkau, supaya aku tetap mendapat kasih karunia di hadapan-Mu. Ingatlah, bahwa bangsa ini umat-Mu."
14 Lalu Ia berfirman: "Aku sendiri hendak membimbing engkau dan memberikan ketenteraman kepadamu."

Musa tau jalan ke tanah perjanjianya..dia 40tahun di padang gurun..tetapi musa tidak mau memakai kekuatannya..musa ingin Tuhan yg bekerja

kalau bukan yg tunjukan jalan yg Tuhan mau..jangan kita mau..karena itu bukan jalan yg terbaik..jalan yg terbaik adalah kita minta Tunjukan jalan Tuhan buat hidup kita.

dan jika Tuhan tunjukan jalannya..laksanakan..jangan menolak..percayalah dari Tuhan itu pasti yg terbaik.

2. Minta pernyertaan dan hadirat Tuhan

Keluaran 33:15-17
15 Berkatalah Musa kepada-Nya: "Jika Engkau sendiri tidak membimbing kami, janganlah suruh kami berangkat dari sini.
16 Dari manakah gerangan akan diketahui, bahwa aku telah mendapat kasih karunia di hadapan-Mu, yakni aku dengan umat-Mu ini? Bukankah karena Engkau berjalan bersama-sama dengan kami, sehingga kami, aku dengan umat-Mu ini, dibedakan dari segala bangsa yang ada di muka bumi ini?"
17 Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Juga hal yang telah kaukatakan ini akan Kulakukan, karena engkau telah mendapat kasih karunia di hadapan-Ku dan Aku mengenal engkau."

Exodus 33:15  And he said unto him, If your presence go not with me, carry us not up from here.

( Ngak cukup jalan dengan Tuhan sekedar saja tetapi musa butuh hadirat NYa..mengalami Allah Imanuel - Tuhan yg bersama dengan kita )

Hari - hari ini kejar hadirat Tuhan..banyak berbahasa Roh..kejar hadirat Tuhan..hari - hari ini adalah haru yg jahat kalau kita tdk bersama dengan Tuhan kita setiap hari dengan siapa

3. Tunjukan kemuliaan Mu Tuhan

Keluaran 33:18-23
18 Tetapi jawabnya: "Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku."
19 Tetapi firman-Nya: "Aku akan melewatkan segenap kegemilangan-Ku dari depanmu dan menyerukan nama TUHAN di depanmu: Aku akan memberi kasih karunia kepada siapa yang Kuberi kasih karunia dan mengasihani siapa yang Kukasihani."
20 Lagi firman-Nya: "Engkau tidak tahan memandang wajah-Ku, sebab tidak ada orang yang memandang Aku dapat hidup."
21 Berfirmanlah TUHAN: "Ada suatu tempat dekat-Ku, di mana engkau dapat berdiri di atas gunung batu;
22 apabila kemuliaan-Ku lewat, maka Aku akan menempatkan engkau dalam lekuk gunung itu dan Aku akan menudungi engkau dengan tangan-Ku, sampai Aku berjalan lewat.
23 Kemudian Aku akan menarik tangan-Ku dan engkau akan melihat belakang-Ku, tetapi wajah-Ku tidak akan kelihatan."

Exodus 33:18  And he said, I beseech you, show me your glory.

Tuhan aku mau melihat kemuliaan MU dinyatakan dalam hidup ku

Tuhan mau tunjukan kemuliaan NYA dalam hidup kita..ada tempat buat kita..agar kemuliaan NYa dinyatakan dan terjadi dalam hidup kita..dalam anugrah dan cinta NYA dalam hidup kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar