Sabtu, 22 Agustus 2015

Minggu 23/08/2015 - Merdeka Dari Tekanan Hidup


Minggu 23/08/2015
Gbi - Lewi
08 : 00
Cibubur

                    Pdt. Andreas Nugroho
           Div. Pengajaran Gbi Gatot Subroto
         ( MERDEKA DARI TEKANAN HIDUP )

Hadirat Tuhan adalah surga buat ku

1 Samuel 1:1-6 (TB)
1 Ada seorang laki-laki dari Ramataim-Zofim, dari pegunungan Efraim, namanya Elkana bin Yeroham bin Elihu bin Tohu bin Zuf, seorang Efraim.
2 Orang ini mempunyai dua isteri: yang seorang bernama Hana dan yang lain bernama Penina; Penina mempunyai anak, tetapi Hana tidak.
3 Orang itu dari tahun ke tahun pergi meninggalkan kotanya untuk sujud menyembah dan mempersembahkan korban kepada TUHAN semesta alam di Silo. Di sana yang menjadi imam TUHAN ialah kedua anak Eli, Hofni dan Pinehas.
4 Pada hari Elkana mempersembahkan korban, diberikannyalah kepada Penina, isterinya, dan kepada semua anaknya yang laki-laki dan perempuan masing-masing sebagian.
5 Meskipun ia mengasihi Hana, ia memberikan kepada Hana hanya satu bagian, sebab TUHAN telah menutup kandungannya.
6 Tetapi madunya selalu menyakiti hatinya supaya ia gusar, karena TUHAN telah menutup kandungannya.

Hana mandul..bertahun-tahun hana stres dalam menjalani hidup nya..karena tidak punya anak..tetapi dalam keadaan apapun Tuhan liat kondisi kita

Song :
  Tuhan Engkau sandaran ku..dan aku berharap kepada MU..satu-satu nya yg aku andalkan..Engkai sumber kekuatan..sumber kedamaian

Siapapun kita bisa mangalami tekanan hidup..hana mengalami masa sulit tetapi yg dilakukan hana adalah : 

1. Hana tetap mencari Tuhan

1 Samuel 1:9 (TB)
9 Pada suatu kali, setelah mereka habis makan dan minum di Silo, berdirilah Hana, sedang imam Eli duduk di kursi dekat tiang pintu bait suci TUHAN,

HANA TETAP MENCARI TUHAN..MENANTI-NANTI KAN TUHAN..SEHINGGA KEKUATAN ADA DITANGAN HANA

Yesaya 40:31 (TB)  tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Kekuatan manusia terbatas..tetapi pada saat tetap memcari Tuhan ada kekuatan

Paku pada saat terpancap kuat di dinding mau seberat apapun beban yg di tanggung paku itu kuat menangunggnya

2. Hana tetap berdoa kepada Tuhan

1 Samuel 1:10 (TB)  dan dengan hati pedih ia berdoa kepada TUHAN sambil menangis tersedu-sedu.

Tuhan tidak tuli..Tuhan tidak passif pada  saat terus berdoa Tuhan..pasti akan menjawab doa kita

1 Tesalonika 5:17 (TB)  Tetaplah berdoa.

Mazmur 126:5-6 (TB)
5 Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai.
6 Orang yang berjalan maju dengan menangis sambil menabur benih, pasti pulang dengan sorak-sorai sambil membawa berkas-berkasnya.
Song :
Kukan berdiri ditengah badai dengan kekuatan
Karena Yesus menopang hidupku

Teyaplah berjalan maju didalam Tuhan..menabur dalam doa-doa perkataan mu..sirami dengan air mata maka buah didalam doa mu akan dibuat Tuhan

3. Miliki keyakinan atas apa yg kita doakan

1 Samuel 1:12 (TB)  Ketika perempuan itu terus-menerus berdoa di hadapan TUHAN, maka Eli mengamat-amati mulut perempuan itu;

Abraham menerima janji Tuhan 25tahun..yusuf mengenapi mimpinya selama 13 tahun

KEYAKINAN KITA ITU AKAN MENDORONG TUHAN UNTUK MELAKUKAN ATAS APA YANG KITA DOAKAN

Lukas 18:1, 3-5, 7 (TB)
1 Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu.
3 Dan di kota itu ada seorang janda yang selalu datang kepada hakim itu dan berkata: Belalah hakku terhadap lawanku.
4 Beberapa waktu lamanya hakim itu menolak. Tetapi kemudian ia berkata dalam hatinya: Walaupun aku tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun,
5 namun karena janda ini menyusahkan aku, baiklah aku membenarkan dia, supaya jangan terus saja ia datang dan akhirnya menyerang aku."
7 Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?

4. Tetap hidup benar dan semakin benar didalam Tuhan

1 Samuel 1:15-16 (TB)
15 Tetapi Hana menjawab: "Bukan, tuanku, aku seorang perempuan yang sangat bersusah hati; anggur ataupun minuman yang memabukkan tidak kuminum, melainkan aku mencurahkan isi hatiku di hadapan TUHAN.
16 Janganlah anggap hambamu ini seorang perempuan dursila; sebab karena besarnya cemas dan sakit hati aku berbicara demikian lama."

Hana tetap berlaku benar..hana tidak melakukan hal yg negatif walaupun hana mengalami depresi..hana tidak merusak hidupnya dengan keinginan dunia..tetapi hana tetap hidup benar dihadapan Tuhan.

Situasi Tuhan ijinkan supaya kita tetap di hadirat Tuhan..lebih dalam mengenal Tuhan

HANA MENGALAMI KEMERDEKAAN DIDALAM HIDUP NYA..karena hana..tetap mencari Tuhan..tetap berdoa..hana memiliki keyakinan atas apa yg hana doakan..dan hana tetap hidup benar di hadapan Tuhan

1 Samuel 1:20 (TB)  Maka setahun kemudian mengandunglah Hana dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ia menamai anak itu Samuel, sebab katanya: "Aku telah memintanya dari pada TUHAN."

Efesus 3:20 (TB)  Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,

TUHAN MENJAWAB DOA HANA DAN BUKAN SAJA SEKEDAR MENJAWAB DOA TETAPI TUHAN MENAMBAHKAN 3 ANAK BAGI HANA

1 Samuel 2:21 (TB)  Dan TUHAN mengindahkan Hana, sehingga dia mengandung dan melahirkan tiga anak laki-laki dan dua anak perempuan lagi. Sementara itu makin besarlah Samuel yang muda itu di hadapan TUHAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar