Senin, 14 November 2016

PERNIKAHAN adalah sebuah PERJANJIAN

PERNIKAHAN adalah sebuah PERJANJIAN

Kitab. RUT  1:14-17

Rut adalah seorang janda muda yg miskin secara sosial ekonomi dan tidak ada lagi yg dapat ia harapkan dari mertuanya Naomi yg sudah tua. Namun Rut masuk dalam sebuah hubungan yg luar biasa yg bernama  Perjanjian.
Kata-kata yg Rut ucapkan :     " Tidak ada sesuatu pun yg dapat memisahkan kita kecuali maut."

Pernah kah Anda mendengar orang berjanji  seperti itu?  bukankah kita pernah mengucapkan janji yang sama  pada waktu kita menikah dan di berkati digereja?

Rut adalah contoh pribadi yang mempunyai hati Perjanjian. Dari mana ia belajar tentang hubungan Perjanjian? sudah pasti dari Allah yang di sembah oleh bgs Israel, Allah yg di sembah oleh mertua dan suami nya.

Hubungan Rut dengan Naomi adalah hubungan menantu dan mertua yg sebenarnya sangat rentan dengan konflik. Namun Rut mempraktekkan kesetiaan dalam hubungan sebuah Perjanjian kepada mertua nya, sehingga ia berani berkata " Bangsamu  adalah bangsa ku, Allah mu adalah Allah ku dan tidak ada yg dapat memisahkan kita kecuali maut."

Allah kita di kenal sebagai Allah Perjanjian, kita di sebut sebagai Umat Perjanjian, dan Alkitab kita disebut sebagai Kitab Perjanjian ( PL dan PB). Allah yg kita sembah adalah Allah yang yg menghargai Perjanjian.

Manusia bisa lupa terhadap janji-Nya tetapi Tuhan tidak pernah lupa; sekali Tuhan bersumpah maka seluruh karakter dan keberadaanNya diarahkan untuk menggenapi Perjanjian Nya.

Rut telah melihat bagaimana Allah tidak pernah meninggal kan umat-Nya dan disitulah ia menemukan harta karun nya dari sebuah hubungan Perjanjian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar