Minggu, 20 Desember 2009

BERKEMANGAN DALAM SEGALA HAL

Pdt. Indri M Gautama

BERKEMANGAN DALAM SEGALA HAL

- Semua firman Tuhan harus kita lakukan dengan cara kita mengerti firman tersebut, bukan karena kita disuruh kalau kita hanya disuruh dalam melakukan firman maka pasti kita bersungut-sungut, akibatnya kita tidak dapat menerima berkat Tuhan yang Tuhan janjikan dibelakang perintah itu (Setiap Firman Tuhan ada janji Tuhan didalamnya).
Sering kali berkat Tuhan lewat dalam kehidupan kita, karena kita tidak mengerti akan firman Tuhan, Alkitab adalah kitab kebenaran dan semuanya tertulis didalamnya milik kita, didalamnya adalah janji Tuhan buat hidup kita.
Kalau saja kita mau hidup dalam janji itu maka hidup kita akan menjadi hidup yang luar biasa.

3 Yohanes 1:2

1:2 Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja. 1:2 Beloved, I wish above all things that thou mayest prosper and be in health, even as thy soul prospereth.

- Kalau kita mentaati firman memang ngak bisa lancer sekaligus, sebab setan tidak suka kita hidup berkemenangan setan mau kita babak belur, tersandung-sandung, setanlah yang memasang jerat buat hidup kita, tetapi jika kita hidup sesuai dengan firman, maka firman itu akan menerangi jalan kita dan kita tidak akan menjadi tersandung dan walaupun ada jerat, jerat itu tidak akan masuk kedalamnya, karena kita ada didalam firman Allah, kita ada didalam terang itu.

Baik-baik saja dalam bahasa inggris king james Prospereth = HIDUP BERKELIMPAHAN (Kehendak Tuhanlah kita hidup berkelimpahan didalam segala hal)
Amsal 13:22
13:22 Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar. Siapa orang benar? Ketika kita lahir baru, menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat pribadilah kita dibenarkan, kitab amsal berkata harta orang berdosa simpan bagi orang benar maka jelas di ayat ini Allah sendiri ingin kita hidup berkemanangan.

Galatia 2 : 16
2:16 Kamu tahu, bahwa tidak seorang pun yang dibenarkan oleh karena melakukan hukum Taurat, tetapi hanya oleh karena iman dalam Kristus Yesus. Sebab itu kami pun telah percaya kepada Kristus Yesus, supaya kami dibenarkan oleh karena iman dalam Kristus dan bukan oleh karena melakukan hukum Taurat. Sebab: "tidak ada seorang pun yang dibenarkan" oleh karena melakukan hukum Taurat.

Pengkotbah 2:26
2:26 Karena kepada orang yang dikenan-Nya Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan, tetapi orang berdosa ditugaskan-Nya untuk menghimpun dan menimbun sesuatu yang kemudian harus diberikannya kepada orang yang dikenan Allah. Ini pun kesia-siaan dan usaha menjaring angin. - Kekayaan tidak terdapat didalam usaha kita, kepintaran kita, dikeluarga maupun di teman relasi kita, tetapi kekayaan terdapat didalam Tuhan.
Kunci dari pada kita hidup berkemangan, berkelimpahan, hidup dalam kekayaan, berkat yang meluap, bebas dari pada hutang, itu semua tergantung kepada sikap kita.
Ulangan 28:1-14
28:1 "Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.
28:2 Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:
28:3 Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang.
28:4 Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.
28:5 Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu.
28:6 Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar.
28:7 TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu.
28:8 TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.
28:9 TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.
28:10 Maka segala bangsa di bumi akan melihat, bahwa nama TUHAN telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu.
28:11 Juga TUHAN akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu -- di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.
28:12 TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.
28:13 TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,
28:14 dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya."
- Seminggu sekali minimum kita harus memperkatakan, menerangkan, memperbincangkan, mendoakan Ulangan 28:1-14 kalau kita terus mengulang ayat ini terus menerus maka akan mengubah cara berfikir kita dan outomatis akan mengubah sikap kita sehingga kita bisa menjadi orang yang berkelimpahan.
- Kumpulkan ayat-ayat diAlkitab tentang : Berkelimpahan, kemakmuran, kemujuran, kekayaan, berkat. Dibuku harian kita setiap hari kita baca ayat-ayat tersebut, perkatakan firman tersebut, maka kita bisa mengerti bahwa kehendak Tuhanlah kita menjadi kaya bukan menjadi miskin.

Kalau kita mengatakan firman Tuhan dan Allah berbicara bahwa kehendak Tuhan sajalah kita kaya lewat firmanNya, maka hati kita akan berubah (Sikap itu dirubah melalui mulut terlebih dahulu) semua keberhasilan kita, kondisi keuangan kita, kesehatan kita, keluarga kita dipulihkan atau tidak tergantung mulut kita atau sikap kita dalam memperkatakannya.

- Berbicara dan perkatakanlah kebenaran, jangan liat masa lalu kita yang buruk, pandang firman Allah, perkatakanlah firman Allah, perbaharui pikiran kita 2 Korintus 5:17. Kalau kita mengerti ayat siapa yang ada didalam Kristus maka kita akan bersikap seperti didalam kerajaan Allah.
- Kalau kita mau berhasil perkatakan apa yang kerajaan surga perkatakan, bicara surganya jangan dunianya terus, kalau kita memperkatakan firman terus maka suatu kali perkatakaan kita seperti benih yang akan ditabur, berakar, bertunas, bertumbuh dan berbuah.
- Perubahan sikap tidak akan terjadi atas kita jika kita tidak memperkatakan firman, ketika kita memperkatakan firman maka kasih karunia Tuhan akan datang diatas kita, sehingga Tuhan akan memberikan pertumbuhan atas benih yang kita tanam
I Korintus 3
3:7 Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan.
• Tiap-tiap hari kita mesti memperkatakan:
a. Trima kasih Tuhan aku diberkati berlimpah pada hari ini.
b. Trima kasih Tuhan aku dibukakan jalan diberi hikmat dan kemampuan dan kekuatan.
c. Terima kasih Tuhan aku diberi tubuh yang sehat dan kuat untuk menikmati kebaikanMu.
d. Trima kasih Tuhan, Kau ubahkan karakter lamaku menjadi baru.
e. Etc….!!!
Yang kita perkatakan adalah yang kita tabur dan hasil dari pada yang perkatakan itulah yang kita tuai.
- Dengan berkat yang Tuhan kasih buat kita dan apa yang Tuhan lakukan dalam hidup kita didalam kerajaan Allah maka apa yang kita sudah terima berkat tersebut maka kita aliri lagi berkat Tuhan tersebut. Kejadian 12 : 2-3
12:2 Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.
12:3 Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."
- Kenapa Abraham sangat kaya? Kejadian 13:2 Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya. Abraham dibuat Tuhan sangat kaya dengan tujuan agar Abraham bisa melakukan amanat dari Tuhan yakni melalui Abraham sajalah bangsa-bangsa akan menjadi berkat dan diberkati.

Tujuan Allah memberkati kita bukan sekedar untuk memperkaya diri tetapi lebih dari pada itu supaya kita menjadi saluran berkat (menjadi berkat bagi orang lain).

- Awalnya Tuhan memberkati dari perkara kecil terlebih dahulu maka kalau kita setia dalam hal perkara kecil Tuhan akan memberikan perkara yang besar.
- Perpuluhan adalah alat yang diberikan oleh Allah untuk membuka tingkap-tingkap di langit, perpuluhan tidak akan memperkaya kita, perpuluhan hanya membuka tingkap-tingkap dilangit diatas kita saja (menurunkan hujan di kehidupan kita) itu tujuan perpuluhan, tetapi untuk menerima perpuluhan sampai ngak ada tempat lagi untuk menampungnya maka kita harus menabur.
Perpuluhan kita bukan bagian dari menabur, perpuluhan tidak menabur apa-apa kepada Tuhan, perpuluhan juga bukan berkorban kita hanya mengembalikan apa yang menjadi milik Tuhan saja. Kenapa Tuhan kasih hukum perpuluhan? Supaya Tuhan bisa mencurahkan hujannya atas kita, tetapi ngapain ada hujan jika tidak ada benih yang ditabur (Maleakhi 3:10) segala apa yang kita tabur untuk memperluas kerajaan surge dan untuk jiwa-jiwa itu adalah benih dimata Tuhan.
2 Korintus 9 : 6
9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.

Setiap uang yang kita kumpulkan untuk memperluas kerajaan surge dan untuk memenangkan jiwa-jiwa itu adalah benih yang subur.
- Cara berfikir Allah semenjak dunia dipulihkan kembali digunakan system tebur – tuai berfikir sama seperti petani berfikir Kejadian 8: 20-22 selama dibumi musim tabur-tuai tidak akan pernah berhenti.
- Tidak ada orang yang menabur kerajaan Allah menjadi miskin, kalau kita masih miskin sebetulnya kita tidak mengertu akan berkat yang ada pada kita itu untuk apa? Kalau kita mengerti akan berkat yang kita terima dari pada Tuhan itu untuk apa, maka Tuhan Allah akan mencurahkan berkatNya atas hidup kita. Markus 10:28-30
10:28 Berkatalah Petrus kepada Yesus: "Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!"
10:29 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya,
10:30 orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal. - Tuhan tau akan kebutuhan kita, DIA mau memberkati kita, tetapi bagian kita adalah cari dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya maka semuanya itu akan ditambahkan oleh kita. Matius 6:33
Setiap kali kita ingin menabur doakan: Tuhan Yesus ini benih yang aku mau tabur, aku berharap Tuhan benih ini akan menghasilkan berlipat-lipat supaya aku memberkati bangsa-bangsa dimuka bumi ini Tuhan.
- Semua kekayaan adalah milik Tuhan oleh karena itu belajar member dengan murah hati, selalu kalau kita beri untuk pekerjaan Tuhan benih itu akan menjadi benih yang subur dan yang terbaik karena Tuhan memberi lebih baik dari pada orang memberi sehingga benih yang subur itu Tuhan sendiri yang akan tumbuhkan dan menjadi buah yang baik.
• TABUR TERUS UNTUK PEKERJAAN TUHAN;
A. Perhatikan jenis yang kita tabur.
B. Perhatikan tanah yang kita tabur.
Tuhan yang menyediakan benih untuk ditabur
2 Korintus 9 : 10
9:10 Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu;

- Semua berkat berasal dari pada Tuhan, tetapi kita tidak bisa menerima sepenuhnya berkat dari pada Tuhan sebelum kita menabur terlebih dahulu, karena dikatakan berilah maka kamu akan diberi.
Lukas 6 : 38
6:38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.".

Memberi lalu kita menerima itu namanya iman, tetapi menerima dahulu dahulu lalu memberi itu berarti membeli (kita harus punya iman bukan membeli, beri dahulu baru kita diberi itu yang benar)

- Esther sudah diberkati oleh Allah, diangkat menjadi ratu dipersia, walaupun ia seorang asing di tanah Persia, tetapi Tuhan mengangkat dan memberkati esther menjadi ratu, tetapi apa tujuan Tuhan memberkati esther? Esther rela mengorbankan nyawanya demi kaum bangsanya.
Esther 4:16
4:16 "Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangku pun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati."\
- cara Allah memberkati bangsa Israel yakni bagaimana kekayaan orang berdosa pindah ketangan orang percaya, Tuhan membuat hati orang fasik bermurah hati atas orang Israel walaupun Israel ini budak ditanah orang mesir.
Keluaran 12 : 35-36
12:35 Orang Israel melakukan juga seperti kata Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain.
12:36 Dan TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu, sehingga memenuhi permintaan mereka. Demikianlah mereka merampasi orang Mesir itu.

Kalau hati kita berkenan kepada Allah maka Tuhan akan membuat hati orang fasik bermurah hati atas kita.
- Tetapi setelah orang Israel diberkati Tuhan berlimpah-limpah apa tujuan Allah memberkati orang Israel, Tuhan menyuruh agar israerl mempersembahkan kepada Tuhan yang berasal dari orang mesir (Tuhan mau berkat yang Tuhan sudah kasih untuk kemuliaan nama Allah)
Keluaran 35:4-5
35:4 Berkatalah Musa kepada segenap jemaah Israel: "Inilah firman yang diperintahkan TUHAN, bunyinya:
35:5 Ambillah bagi TUHAN persembahan khusus dari barang kepunyaanmu; setiap orang yang terdorong hatinya harus membawanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN: emas, perak, tembaga,
Kenapa Allah memberkati Israel supaya membuat tempat kudus bagi Allah, supaya Allah bisa diam ditengah-tengah orang Israel.
Keluaran 25 : 8
25:8 Dan mereka harus membuat tempat kudus bagi-Ku, supaya Aku akan diam di tengah-tengah mereka.
Semua harta dan kekayaan jika kita memberi untuk Tuhan, maka dimana hatimu berada disitulah hartamu berada, jadi jika harta kita, kita berikan untuk Tuhan maka hati kita ini melekat kepada Tuhan dan selalu ada hadirat Tuhan atas kita.

- Jika kita memberi untuk Tuhan maka Tuhan hadir ditengah-tengah kita, Yesus adalah segala-galanya untuk kita, bukan uang segala-galanya, jangan uang yang berbicara atas kita tetapi Tuhanlah yang berbicara atas kita.
Tuhan Yesuslah tuan kita, janganlah uang yang menjadi tuan kita.

- Utamakanlah kerajaan Allah, berkat akan menghampiri kita, jangan kita mengejar berkat pasti berkat itu akan lari dari pada kita, tetapi kejarlah kerajaan Allah maka berkat itu akan menghampiri kita.

2. Kejar Kebenaran.
- Hidup sesuai dengan kebenaran Allah tiap-tiap hari bersikap benar, berkelakuan benar, berfikir yang benar, kalau kita melakukan hal ini maka pasti dijamin Tuhan akan memberkati kita lebih lagi.
2 Raja-raja 6:24-25
Suatu ketika Israel mengalami kelaparan yang luar biasa sehingga kotoran burungpun dijual.
6:24 Sesudah itu Benhadad, raja Aram, menghimpunkan seluruh tentaranya, lalu maju mengepung Samaria.
6:25 Maka terjadilah kelaparan hebat di Samaria selama mereka mengepungnya, sehingga sebuah kepala keledai berharga delapan puluh syikal perak dan seperempat kab tahi merpati berharga lima syikal perak. Elisa berkata kepada kepada ajudan raja:
2 Raja-raja 7:1-2
7:1 Lalu berkatalah Elisa: "Dengarlah firman TUHAN. Beginilah firman TUHAN: Besok kira-kira waktu ini sesukat tepung yang terbaik akan berharga sesyikal dan dua sukat jelai akan berharga sesyikal di pintu gerbang Samaria."
7:2 Tetapi perwira, yang menjadi ajudan raja, menjawab abdi Allah, katanya: "Sekalipun TUHAN membuat tingkap-tingkap di langit, masakan hal itu mungkin terjadi?" Jawab abdi Allah: "Sesungguhnya, engkau akan melihatnya dengan matamu sendiri, tetapi tidak akan makan apa-apa dari padanya."
- Kalau ada hamba Allah berkata-kata tetapi jika kita tidak percaya maka kita tidak akan mendapat berkat yang sudah kasih, kalu kita menerima nabi maka kita akan mendapat upah.
2 Tawarikh 20:20
20:20 Keesokan harinya pagi-pagi mereka maju menuju padang gurun Tekoa. Ketika mereka hendak berangkat, berdirilah Yosafat, dan berkata: "Dengar, hai Yehuda dan penduduk Yerusalem! Percayalah kepada TUHAN, Allahmu, dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kepada nabi-nabi-Nya, dan kamu akan berhasil!" Matius 10 : 41
10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar. 2 Raja-raja 7 :3
7:3 Empat orang yang sakit kusta ada di depan pintu gerbang. Berkatalah yang seorang kepada yang lain: "Mengapakah kita duduk-duduk di sini sampai mati? orang kusta ini keluar dari zona nyaman melangkah keluar oleh karena itu keluarlah dari kebiasaan kita, sekalipun hal itu mempertaruhkan kekayaan kita, keluar dari situ beri taburan kita untuk pekerjaan Tuhan, Tuhan mau kita bertindak radikal.
Jangan kita memilih menjadi Kristen yang biasa-biasa saja, dari pada biasa-biasa saja yang tidak jelas mending kita serahkan total untuk Tuhan sama seperti orang kusta tersebut.
Melalui 4 orang kusta inilah bangsa Israel yang sedang melarat, miskin dirubah menjadi bangsa yang kaya, akibat keputusan dari 4 orang kusta ini 2 Raja-raja 7 :4-20.

KELUAR DARI KOTAK KENYAMAN KITA
- Yang membuat yusuf berhasil dimanapun ia berada karena sikap yusuf yang manis, Kejadian 39:6, sikap lebih penting dari pada kekayaan, uang, jabatan, posisi, pendidikan, pelayanan,etc sebab apapun yang ada pada kita kalau sikap kita buruk maka apapun itu kita akan bernilai buruk karena cerminan dari sikap tersebut.
- Karena adanya sikap yusuf sebagai hamba Allah rumah orang mesir tersebut diberkati oleh Tuhan.
- Apa tujuan Tuhan memberkati yusuf, karena melalui yusuflah satu keluarga diselamatkan dan dimana mesias akan lahir.
Kalau kita mengerti apa dibalik berkat-berkat itu, apa tujuan Tuhan memberkati kita dan karena kita mengertilah maka Tuhan akan terus memberkati kita, kehendak Tuhanlah untuk kita supaya kita menjadi berkat bagi bangsa-bangsa.
Markus 10:23
10:23 Lalu Yesus memandang murid-murid-Nya di sekeliling-Nya dan berkata kepada mereka: "Alangkah sukarnya orang yang beruang masuk ke dalam Kerajaan Allah."
Bahasa aslinya = alangkah sukarnya orang yang percaya kepada uang untuk masuk kedalam kedalam kerajaan surga, apa yang menjadi milik kita itulah yang menjadi masalahnya.
Jangan buat uang kita mengontrol hidup kita, kitalah yang mengontrol uang tersebut, uang bukan tuan kita Tuhan Yesuslah tuan kita, kalau kita dijadikan budak uang maka kita akan sama seperti orang kaya tersebut.
Matius 10:22
10:22 Mendengar perkataan itu ia menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyak hartanya
Pikiran kita mesti dirubah dahulu kalau kita bisa merubah pikiran kita, maka kita akan diperbaharui oleh Allah sehingga kita melakukan hal yang tidak mungkin yakni menjadi seorang kaya dan masuk kedalam kerajaan surga.

Rubah pikiran kita, ikuti apa yang Tuhan katakan maka nanti kita akan melihat hidup kita akan berkelimpahan.
Kalau kita mau dipercayakan harta lebih banyak lagi lepaskanlah perpuluhan, lepaskanlah persembahan khusus, persembahan-persembahan itu untuk menguji apakah kita bisa mengelolanya atau tidak. Kehendak Tuhanlah kita menjadi kaya. 2 korintus 8 : 9

Untuk menjadi orang kaya kita tidak perlu punya latar belakang keluarga yang kaya, cukup taati firman Allah dan lakukan maka surga akan tambahkan dan akan mencurahkan berkatnya supaya hidup kita berkelimpahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar