Minggu, 08 Februari 2015

08/02/2015 - Perkataan..Iman yg menang

minggu
08 Februari 2015
06 : 30
GKII - Cileungsi

                   Kak Lisbeth
               Bilangan 13 : 1 - 33
      ( Perkataan..Iman yang menang)

- perjalnan bangsa israel adalah contoh kita sebagai peringatan buat kita

1 Korintus 10:11 Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.

- apa yg kita ucapkan..perkatakan itu yg akan terjadi.
- musa memilih pemimpin dari ke 12 pemimpin

Bilangan 13:2, 16

2 "Suruhlah beberapa orang mengintai tanah Kanaan, yang akan Kuberikan kepada orang Israel; dari setiap suku nenek moyang mereka haruslah kausuruh seorang, semuanya pemimpin-pemimpin di antara mereka."

16 Itulah nama orang-orang yang disuruh Musa untuk mengintai negeri itu; dan Musa menamai Hosea bin Nun itu Yosua.

- pada saat tidak melayani apa yg bisa diperhitung kan Tuhan dan apa yg menjadi alasan Tuhan untuk berpihak kepada kita.

( ADA PEMBELAAN TUHAN PADA SAAT KITA MELAYANI TUHAN )

- pada saat kita melayani ada tujuan hidup kita.
- greja adalah wakil nya Tuhan..rumah sakit dari orang-orang berdosa..

* Tujuan / tugas pengintai :

Bilangan 13:17-20

17 Maka Musa menyuruh mereka untuk mengintai tanah Kanaan, katanya kepada mereka: "Pergilah dari sini ke Tanah Negeb dan naiklah ke pegunungan,
18 dan amat-amatilah bagaimana keadaan negeri itu, apakah bangsa yang mendiaminya kuat atau lemah, apakah mereka sedikit atau banyak;
19 dan bagaimana negeri yang didiaminya, apakah baik atau buruk, bagaimana kota-kota yang didiaminya, apakah mereka diam di tempat-tempat yang terbuka atau di tempat-tempat yang berkubu,
20 dan bagaimana tanah itu, apakah gemuk atau kurus, apakah ada di sana pohon-pohonan atau tidak. Tabahkanlah hatimu dan bawalah sedikit dari hasil negeri itu." Waktu itu ialah musim hulu hasil anggur.

- Tuhan suruh mengintai/melihat/ mempelajari --> Supaya kita tau dan melihat betapa besar dan dasyatnya apa yg Tuhan berikan kepada kita.

Yeremia 5:20-22
20 Beritahukanlah ini di antara kaum keturunan Yakub, kabarkanlah itu di Yehuda dengan mengatakan:
21 "Dengarkanlah ini, hai bangsa yang tolol dan yang tidak mempunyai pikiran, yang mempunyai mata, tetapi tidak melihat, yang mempunyai telinga, tetapi tidak mendengar!
22 Masakan kamu tidak takut kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN, kamu tidak gemetar terhadap Aku? Bukankah Aku yang membuat pantai pasir sebagai perbatasan bagi laut, sebagai perhinggaan tetap yang tidak dapat dilampauinya? Biarpun ia bergelora, ia tidak sanggup, biarpun gelombang-gelombangnya ribut, mereka tidak dapat melampauinya!

* BIARLAH KITA PUNYA MATA UNTUK MELIHAT DAN PUNYA TELINGA UNTUK MENDENGAR --> LIHAT APA YG TUHAN SUDAH BERI DALAM HIDUP KITA - TELINGA APA FIRMAN/ PERKATAAN NYA DALAM HIDUP KITA.

Mazmur 44:3-8 3
(44-4) Sebab bukan dengan pedang mereka menduduki negeri, bukan lengan mereka yang memberikan mereka kemenangan, melainkan tangan kanan-Mu dan lengan-Mu dan cahaya wajah-Mu, sebab Engkau berkenan kepada mereka.
4 (44-5) Engkaulah Rajaku dan Allahku yang memerintahkan kemenangan bagi Yakub.
5 (44-6) Dengan Engkaulah kami menanduk para lawan kami, dengan nama-Mulah kami menginjak-injak orang-orang yang bangkit menyerang kami.
6 (44-7) Sebab bukan kepada panahku aku percaya, dan pedangku pun tidak memberi aku kemenangan,
7 (44-8) tetapi Engkaulah yang memberi kami kemenangan terhadap para lawan kami, dan orang-orang yang membenci kami Kauberi malu.
8 (44-9) Karena Allah kami nyanyikan puji-pujian sepanjang hari, dan bagi nama-Mu kami mengucapkan syukur selama-lamanya. Sela

- kita harus mengerti semuanya yg dari pada kita itu milik Tuhan..Tuhan bekerja didalam kita.

- israel berkali-kali gagal..tp Tuhan mau kita bangkit walaupun pernah gagal
- rancana Tuhan itu sangat dasyat dlm hidup kita

Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

- Greja adalah sebagai rumah sakit rohani
* Tuhan memperlihatkan berkatNYA dalam hidup kita

Bilangan 13:21, 23, 27

21 Mereka pergi ke sana, lalu mengintai negeri itu mulai dari padang gurun Zin sampai ke Rehob, ke jalan yang menuju ke Hamat.
23 Ketika mereka sampai ke lembah Eskol, dipotong merekalah di sana suatu cabang dengan setandan buah anggurnya, lalu berdualah mereka menggandarnya; juga mereka membawa beberapa buah delima dan buah ara.
27 Mereka menceritakan kepadanya: "Kami sudah masuk ke negeri, ke mana kausuruh kami, dan memang negeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya, dan inilah hasilnya.

* Dalam janji Tuhan..apa yg kita lihat..hati-hati dengan pikiran dan perkataan kita karena itu menentukan hidup kita (apa yg kita pikirkan itu yg akan menjadi perkataan kita)

*  perkataan kita akan menjadi perbuatan kita - perbuatan kita menjadi kebiasaan kita- kebiasaan kita menjadi karakter kita - karakter kita menjadi siapa diri kita yg sebenarnya)

Bilangan 13:29-30

29 Orang Amalek diam di Tanah Negeb, orang Het, orang Yebus dan orang Amori diam di pegunungan, orang Kanaan diam sepanjang laut dan sepanjang tepi sungai Yordan."
30 Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!"
* ISRAEL DI KALAHKAN OLEH PERKATAAN DAN PIKIRAN MEREKA - PERKATAAN KITA POLA PIKIR KITA ITU YG MENENTUKAN KEMANANGAN KITA *

Matius 12:35-37
35 Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.
36 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.
37 Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

Amsal 18:21 Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

* apa yg menjadi gunung masalah kita perkatakan firman Tuhan

Markus 11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

4 HAL SUPAYA KITA BERKEMENANGAN :

a. percaya dengan tidak bimbang
b. perkatakan yg menang
c. berbuat seolah kita menerimanya
d. mengaku dosa dan saling mengampuni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar