Minggu, 08 Februari 2015

08/02/2015 - TUJUAN PRIA (SUAMI) & WANITA (ISTRI)DALAM FIRMAN TUHAN ( SESI 2 )

minggu
08 Februari 2015
GBI - GAJAH MADA
18 : 00
junalis: Ps. Elisabeth Lilyana

           Pdt Ronny Daud Simeon

TUJUAN PRIA (SUAMI) & WANITA (ISTRI)DALAM FIRMAN TUHAN ( SESI 2 )

Alkitab itu bukan buku agama, tapi buku Kerajaan. Bagaimana mental Kerajaan itu menguasai kita. Apakah kolonisasi Kerajaan ? Sorga diperluas sampai ke bumi. Pusat pemerintahan kita adalah Sorga. Kita diciptakan segambar serupa Allah.

Tuhan pilih taman eden penciptaan pertama. Eden artinya Hadirat Tuhan,

Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."

terjadi pemberkatan nikah pertama di taman Eden. Lembaga 1 yg Tuhan dirikan adalah keluarga.

Kerajaan Allah diperlebar sampe ke bumi dlm bentuk keluarga. Bapa, Putra, Roh Kudus itu adalah Tritunggal artinya 3 pribadi 1 kesatuan gambaran 1 keluarga. Mengapa Tuhan ciptakan keluarga ? Krn keluarga adalah tempat Tuhan tempat pertama kali ciptakan Kerajaan Allah di muka bumi.

Kalo keluarga sehat, dampaknya komunitas sehat, kalau komunitas sehat dampaknya gereja sehat, kalo gereja sehat dampaknya kota menjadi sehat, kalo kota sehat dampaknya negara menjadi sehat.

Kej 1:28 dikatakan Allah memberkati mereka. Jangan hubungan sex di luar nikah. Alkitab menentang free sex. Sekalipun itu dilakukan oleh pelayan Tuhan, aktifis, etc.

Kenapa org menikah ?? Tujuan nya adalah " persekutuan intim dlm kasih Kristus ". Dlm Keluarga, Tuhan yg diproritaskan nomer 1. Tragedi terbesar dlm hidup manusia bukan kematian tapi hidup tanpa tujuan.

Buat statement " . Pernikahan bukan hanya didasarkan hanya oleh cinta semata mata, tapi lebih dari itu pernikahan harus dilandasi firman Tuhan. Banyak anak muda menikah dgn konsep nikah yg salah.

* Dlm Alkitab ada 4 jenis cinta :

1. eros ( cinta nafsu dari Tuhan utk suami istri ), eros hanya boleh setelah nikah.

2. Filia ( kasih persaudaraan ), ortu, kakak adik,

3. Kasih stroge ( kasih persahabatan) dgn teman2,

4. Kasih Agape ( murni dari Kasih Tuhan ). Kasih Agape harus bekerja dlm suami istri.

Kasih Agape itu kasih tanpa pamrih. Hormon Dopamin dan Andrenalin bisa terjadi deg deg an getar2an cinta saat pasangan saling jatuh cinta.

Hormon tersebut dihasilkan oleh kelenjar Hipotemalus.

Amsal 24:3-4

3 Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan,

4 dan dengan pengertian kamar-kamar diisi dengan bermacam-macam harta benda yang berharga dan menarik.

Kunci utama mendirikan rumah tangga :
1) Pengetahuan , yaitu smua informasi yg kita dapatkan, dan pengetahuan yg terbaikk adalah firman Tuhan. Tubuh kita akan mengikuti keinginan roh kita, tergantung smua kembali kepada kita. Bila kita udah tau pengetahuan, lalu renungkan.

2) Lakukan sesuatu apa yg kita mengerti tadi, bila kita melakukan itu, maka itulah disebut hikmat.

Agape adalah cinta ( kasih ) tanpa syarat. Yaitu : aku cinta kamu tanpa alasan, tanpa syarat. Kalo kita menemukan alasan mengapa kita mencinta pasangan kita ? Ini keliru, krn ada motif2 dunia.

Yang betul adalah " aku tidak menemukan alasan, mengapa aku mencintai kamu " ( ini statement yg tepat utk suami istri ).

Kalo cinta memakai syarat : maka fondasi diambang kehancuran. Kalo pernikahan pakai syarat, maka jika kenyataannya tidak menemukan syarat itu, maka yg timbul adalah Kekecewaan.

Dulu Pak Pdt. Ronny Daud Simeon, sewaktu baru memasuki pernikahan, pas2an, gak punya motor, ranjang penganten malah dipinjamin org, televisi malah dikasih sama jemaat, padahal istrinya adalah anak org kaya.

Tapi istri pak pdt ronny daud simeon itu mencintai pak ronny tanpa syarat, dan mereka menikah atas dasar kasih Tuhan. Banyak suami istri tidur di ranjang, tapi hati mereka sudah tidak diranjang
( sudah terjadi perceraian terselubung semu ), kematian sebuah hubungan. Terjadi keluarga broken home, anak2 narkoba.

Bila keluarga hancur, pornografi merajalela. Seharusnya Sorga itu dimulai di keluarga. Mujizat 1 Tuhan lakukan mengubah air jadi anggur dlm pesta di Kana.

Dimanakah Sorga ? Tuhan mau, Sorga terjadi dlm keluarga. Kalau ini terjadi maka " HOME SWEET HOME ". Bahasa ibrani keluarga adalah oikos ( rumah ). Sinyal Sorga ( hot spot) harus terjadi dlm keluarga.

Jadikan Kristus yg 1, harus punya prioritas hidup yaitu Kristus dlm keluarga. Smua wanita di dunia ini pengen pria yg romantis mesra,, oleh krn itu menikah harus seperti orang pacaran terus setiap hari.

Jadikan istri seperti pacaran terus, ucapkan terimakasih setiap hari kepada suami istri, ucapkan I love u setiap hari kepada suami istri setiap pagi.

Jangan hanya membelai atau peluk istri kalo hanya utk hubungan sex aja, tapi belai dan peluk sentuh istri setiap hari sebagai expresi cinta meski gak hubungan sex.

Cium dan peluk istri di depan anak2, hadiah utama utk anak2 adalah apabila anak2 melihat papa mama nya mesra ( expresi cinta ) depan anak2.

Untuk memilih pasangan hidup, jangan lihat kekayaan tampilan luar, tapi lihatlah yg takut Tuhan.

Pak Pdt. Ronny Daud Simeon punya anak cowok skrg kuliah di Amerika, dan beliau selalu berpesan kepada anaknya supaya kalo pacaran jangan cium bibir, krn bibir mengandung saraf2 sensitif yg menimbulkan rangsangan, yg merupakan pintu gerbang menuju free sex, jika tidak ada roh penguasaan diri.

Tuhan hanya berkenan kepada pacaran yg suci, kudus dimana Roh Tuhan hadir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar